
Artikel Populer
Artikel Terbaru

Marketing
Customer Relationship Management: Strategi Ampuh agar Pelanggan Gak Cuma Sekali Beli
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, mendapatkan pelanggan baru saja sudah cukup sulit, apalagi mempertahankan loyalitas mereka. Banyak bisnis terlalu berfokus pada penjualan awal, tanpa menyadari bahwa pelanggan setia adalah sumber keuntungan jangka panjang. Di sinilah manajemen hubungan pelanggan, atau CRM, memainkan peran krusial. CRM bukan hanya tentang perangkat lunak, tetapi strategi komprehensif untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan agar mereka terus kembali dan bahkan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu CRM, manfaatnya, dan cara menerapkannya secara efektif dalam bisnis Anda.Apa Itu Customer Relationship Management?Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) adalah pendekatan strategis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, baik yang sudah ada maupun yang potensial. Tujuannya adalah unt...
Afifah
2025-07-31T03:15:21.000000Z

Operational
Tingkatkan Keuntungan UMKM dengan Sistem Operasional Efisien
Biznisup - Tingkatkan Keuntungan UMKM Dengan Sistem Operasional Efisien....
Afifah
2025-07-16T04:13:27.000000Z